Goal Setting

Langkah Jitu Penetapan Tujuan

Jika Anda tidak mengetahui ke mana Anda akan melangkah, bisa jadi Anda akan berakhir di sebuah tempat yang tidak Anda inginkan. Karena itu, tetapkan tujuan Anda!. Berikut ini disajikan bagaimana menyusun langkah-langkah strategis yang merupakan panduan bagi Anda yang sedang akan menetapkan tujuan.

Seperti halnya langkah penetapan tujuan sebuah organisasi, mengembangkan tujuan pribadi diawali dengan menuliskan pernyataan tujuan (misi). Pernyataan tujuan ini dapat mencakup berbagai aspek kehidupan seperti karier, kepribadian, penghasilan, dan sebagainya. Tiap-tiap pernyataan tujuan harus dijabarkan menjadi beberapa sasaran dan rencana tindakan. Rencana-rencana tindakan harus dispesifikasi berdasarkan strategi yang diperlukan untuk mencapainya.
Latihan 1: Pernyataan Misi Pribadi
Tuliskan misi pribadi Anda pada tempat yang disediakan berikut ini. Pernyataan misi merefleksikan norma, keyakinan-keyakinan, dan sistem nilai pribadi Anda. Di dalamnya Anda menuangkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan:
(a) Apakah tujuan hidupku? Apakah yang menjadi keyakinan-keyakinanku?
(b) Apakah nilai-nilai hidupku?
(c) Apakah yang saya nilai berharga?
(d) Apakah yang sungguh-sungguh penting bagiku?
(e) Bagaimana cara yang kuinginkan untuk menjalani hidupku?
(f) ………………………………………………………………………………………………………
Pernyataan misi ini perlu diklarifikasi dengan proses yang berkelanjutan. Lakukan revisi atau pembaruan secara periodik).
Latihan 2: Peran-peran Kunci dan Tujuan Anda
1. Kenali peran-peran kunci Anda dalam hidup. Contohnya sebagai anak, mahasiswa, atlet, pasangan, karyawan, pimpinan komunitas, dan sebagainya. Pikirkan hal ini dalam kaitan dengan pernyataan misi Anda. Setelah itu, jawablah beberapa pertanyaan mengenai diri Anda:
(a) Apakah peran-peranku dalam keadaan seiring/harmonis dengan misi pribadiku? Mengapa?
(b) Apakah yang dapat kulakukan agar peran dan misiku lebih sesuai?
2. Harus spesifik. Gambaran peran seperti pekerjaan, pribadi, atau komunitas, adalah terlalu umum. Peran-peran yang spesifik akan membantu Anda dalam menentukan tujuan yang ingin dicapai.
3. Pikirkan tujuan-tujuan khusus yang berhubungan dengan tiap-tiap peran. Gunakan kisi-kisi berikut ini, tuliskan pernyataan tujuan Anda, usahakan tujuan tersebut memenuhi kriteria SMART (specific, measurable, attainable, realistic, time bound).
Latihan 3: Penetapan Tujuan Pribadi
1. Galilah tujuan Anda berdasarkan kategori-kategori berikut ini, dan tuliskan sebanyak-banyaknya apa saja yang Anda harapkan, mencakup tujuan jangka pendek, menengah, dan panjang. Akademik, intelektual: Kesehatan, fitness: Sosial: keluarga, teman, orang-orang terdekat, komunitas: Karier, pekerjaan: Finansial: Lain-lain:
2. Berdasarkan tujuan-tujuan di atas, pilihlah dari tiap-tiap kategori dua tujuan saja yang Anda inginkan untuk dijadikan tujuan jangka pendek (6 - 12 bulan).
Tulisan satu persatu di bawah ini.
(1) ……………………………………………………………………………………
(2) ……………………………………………………………………………………
(3) …………………………………………………………………. dst, hingga (12).
3. Dari 12 tujuan di atas, pilihlah tiga yang paling penting bagi Anda saat ini, yang Anda tetapkan untuk dilakukan pada bulan-bulan mendatang ini. Tuliskan suatu pernyataan tujuan untuk masing-masing dari ketiga tujuan tersebut, dengan menggunakan panduan berikut ini, Harus spesifik, Bila mungkin, usahakan menguantifikasi tujuan-tujuan tersebut. Tiap-tiap pernyataan tujuan harus realistis (realistic), dapat dicapai (attainable), dan dapat Anda kendalikan. Tiap-tiap pernyataan tujuan harus harus merefleksikan aspirasi Anda, bukan dari orang lain (orang tua, dsb).
(1) ………………………………………………………………………………………
(2) ………………………………………………………………………………………
(3) ………………………………………………………………………………………
4. Pada kertas terpisah, kembangkan suatu rencana tindakan untuk tiap-tiap pernyataan tujuan. Untuk tiap-tiap rencana tindakan: ? Buatlah daftar tahap-tahap yang akan Anda tempuh untuk mencapai tujuan, Mencakup waktu (kapan) dan nama-nama (pihak yang terkait) untuk tiap tahap. Visualisasi secara lengkap tujuan tersebut, dan kembali menspesifikasi tiap-tiap tahap yang diperlukan untuk meraih tujuan. Kenali berbagai hambatan yang mungkin akan Anda alami dalam mencapai tujuan. Pecahkan masalah tersebut dan tuliskan sebagai suatu tahapan dalam rencana tindakan. Kenali sumber daya yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuan, dan susunlah dalam tahap-tahap untuk mendapatkan informasi yang diperlukan dalam rencana tindakan.
5. Jadwal untuk tiap-tiap tahap langkah tindakan dicatat pada kalender harian.
6. Buatlah catatan harian atau mingguan secara terus-menerus mengenai tahapan-tahapan positif yang Anda lakukan, sesuai dengan tujuan.


Print